Cermati 8 Poin Ini Saat Beli Rumah Via KPR

foto hanya ilustrasi

 

Jual beli rumah secara kredit adalah salah satu alternatif dalam hal kepemilikan rumah. Anda bisa memilih sistem kredit tersebut dengan pembiayaan dari bank, yaitu via KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). Rumah daerah perkotaan yang terjangkau seperti rumah murah di Bekasi dapat diperoleh dengan sistem KPR ini. Dalam sebuah sistem tentu ada hal yang perlu diperhatikan. Inilah 8 poin yang harus dicermati saat membeli rumah via KPR.

 

  1. Kredibilitas Bank Kreditur

Kredibilitas merupakan suatu hal yang penting dan utama. Mengapa? Kredibilitas merupakan suatu kondisi, di mana suatu hal bisa dipercaya. Dalam hal ini, Anda harus memilih bank kreditur dengan kredibilitas yang baik, artinya yang dapat dipercaya. Dalam memilihnya, Anda bisa melihat dari segi aset, rekam jejak, serta rekomendasi oleh orang-orang di sekitar Anda yang sudah pernah mengajukan pembiayaan KPR.

 

  1. Coverage

KPR merupakan suatu produk pembiayaan oleh bank. Untuk menjalankan sistem ini, bank sebagai kreditur bekerja sama dengan pihak developer dalam rangka pengadaan properti sebagai objek jual belinya. Bank yang punya jaringan luas dengan pihak pengembang (developer), maka akan lebih terjamin dan mampu memenuhi kebutuhan rumah yang diperlukan debitur.

Dalam hal ini, pilihlah jaringan perbankan yang profesional dan punya riwayat pembiayaan KPR yang baik. Bank yang sudah punya berbagai cabang dengan unit-unitnya di setiap daerah dimungkinkan mempunyai jaringan yang luas, termasuk dalam hal kerja sama dengan developer.

 

  1. Produk KPR yang Sesuai

Setiap bank tentu mempunyai produk KPR yang berbeda-beda, baik dari segi jangka waktu hingga penerapan fitur-fitur tambahan. Produk KPR yang paling sesuai adalah yang terbaik, di mana Anda dapat menjalankan proses kredit rumah dengan baik dan lancar hingga pelunasan.

Untuk mengetahui produk-produk KPR, Anda bisa mencari informasi terkait, di antaranya adalah dari internet melalui situs website resmi setiap bank. Jika ingin lebih jelas, tanyakan secara langsung ke pihak bank. Customer service akan memberikan penjelasan terkait produk-produk KPR yang ada di suatu bank. Brosur program KPR juga bisa Anda dapatkan di bank tersebut sebagai referensi memilih program KPR.

 

  1. Perhitungan Suku Bunga

Suku bunga merupakan hal yang harus diperhatikan dalam proses kepemilikan rumah murah di Bekasi secara kredit. Apabila terdapat penawaran suku bunga rendah, maka jangan langsung tergiur. Hendaknya, mintalah kepada pihak bak untuk memberikan simulasi tabel cicilan untuk mengetahui besar cicilan setiap periode yang harus dibayarkan beserta tingkat bunganya.

Simulasi tabel cicilan tersebut bisa membantu Anda dalam melihat suku bunga yang digunakan apakah suku bunga tetap atau tertimbang. Suku bunga tetap merupakan suku bunga yang tetap di tingkat tertentu selama masa kredit, sedangkan suku bunga mengambang adalah suku bunga yang ditetapkan berdasarkan suku bunga dalam pasar uang domestik ataupun internasional.

 

  1. Jangka Waktu Pinjaman Optimal

Jangka waktu pinjaman optimal merupakan poin penting yang harus Anda ketahui dalam proses pembiayan KPR. Tujuannya adalah agar mempunyai waktu yang cukup untuk membayar cicilan hingga lunas. Lamanya jangka waktu pinjaman harus disesuaikan dengan kondisi finansial agar tidak gagal bayar di tengah jalan.

Penawaran jangka waktu pinjaman optimal di setiap bank tentu berbeda. Anda bisa melihat informasinya melalui bank atau situs resminya, kemudian memilih penawaran yang paling sesuai. Mayoritas bank memberikan masa pinjaman optimal hingga 15 tahun hingga 20 tahun. Apabila Anda memanjangkan masa tenor kredit rumah, maka bisa mengurangi beban cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

 

  1. Kelancaran Proses Pengajuan

Sebelum menerima dana pembiayaan, Anda harus melalui proses pengajuan KPR dengan menyertakan seluruh persyaratan administrasi yang diperlukan. Dalam hal ini, bank akan memeriksa kelengkapan dokumen, memproses data Anda, dan menindaklanjuti terkait pengajuan tersebut, apakah akan menerima atau menolak pengajuan. Proses ini akan segera ditangani oleh bank yang memang profesional.

 

  1. Biaya Administrasi KPR

Selanjutnya adalah mengenai biaya administrasi KPR. Biaya-biaya yang harus dibayarkan meliputi biaya administrasi bank, biaya notaris, biaya pengecekan sertifikat, biaya balik nama, dan sebagainya. Agar memudahkan dalam mengatur aliran kas pembayaran uang muka rumah, maka pastikan seluruh biaya administrasi tersebut mampu dibayar.

 

  1. Fitur Tambahan

Setiap pembiayaan KPR yang ditawarkan oleh pihak bank pasti mempunyai keunggulan. Fitur tambahan adalah salah satunya. Pastikan memilih produk dengan fitur tambahan yang mendukung proses pembiayaan, seperti asuransi jiwa kredit, asuransi kesehatan, dan sebagainya, ketika sudah disetujui untuk memperoleh dana pembiayaan KPR.

 

Pembiayaan konsumtif dari bank dalam bentuk KPR membutuhkan kecermatan. Beberapa poin tersebut harus diperhatikan agar Anda benar-benar memperoleh dana pembiayaan untuk beli rumah murah di Bekasi dengan peraturan yang baik dan tidak memberatkan, namun justru bisa memudahkan. Beberapa bank sudah mempunyai produk pembiayaan berupa KPR dengan penawaran keunggulan yang berbeda-beda. Pilihlah berdasarkan pertimbangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *